Static Routing Pada Mikrotik

Routing merupakan teknik yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang memiliki network address maupun teknologi yang berbeda- beda. Routing juga bertujuan memilihkan jalur terbaik (best path) yang akan ditempuh paket data untuk menuju komputer tujuan. Ada banyak teknik routing yang dapat Anda gunakan namun, secara garis besar Anda dapat melakukanya dengan teknik routing statik maupun dinamik.

Agar lebih mudah memahami teknik routing, maka pada tutorial ini saya hanya akan membahas teknik routing statik (static routing). Saya menyarankan Anda untuk mempelajari routing statik terlebih dahulu untuk kemudian mempelajari routing dinamik.

Jika Anda ingin mengambil ujian sertifikasi MT CNA (MikroTik Certified Network Associate), maka routing statik merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai. MTCNA itu sendiri merupakan sertifikasi tahap awal yang disediakan MikroTikls, Ltd selaku vendor Router MikroTik. Setelah lulus dari MT CNA, barulah Anda dapat mengambil sertifikasi lanjutan seperti MTCRE (MikroTik Certified Routing Engineer) yang akan membahas routing dinamik.

Selanjutnya mari kita bahas satu persatu topik tentang static routing pada mikrotik dalam artikel-artikel berikut:
Artikel ini merupakan artikel indeks atau daftar isi untuk materi Static Routing Pada Mikrotik, Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan merujuk pada daftar link diatas.

Share this


EmoticonEmoticon