Video Card dan Display sistem komputer

Komputer memerlukan adapter video dan monitor atau display untuk keluaran gambar. Display monitor adalah inter- face utama pada sebuah sistem yang dapat menyebabkan Anda berjam-jam mengalami kelelahan atau kesenangan tergantung pada monitor yang Anda pilih.

Saya selalu menganjurkan Anda untuk menggunakan tampilan display minimum 17“. Semua obyek yang kecil dapat ditampilkan pada resolusi piksel 1,024x768. Jika Anda memilih display 15“ atau yang lebih kecil, Anda mungkin akan mendapatkan toleransi maksimum pada resolusi 800x600. Hal ini mungkin akan mengakibatkan beberapa pemiasalahan sebab pada beberapa monitor 15” dapat menampilkan resolusi 1,024x768 atau bahkan lebih tinggi. Tetapi huruf dan fitur di layar akan terlalu kecil tampil di layar, sehingga akan menyebabkan kelelahan mata dan pusing kepala. Tampilan akan menjadi blur saat monitor diatur pada resolusi maksimum. Jika Anda banyak menghabiskan waktu di depan komputer dan ingin bekerja pada resolusi layar yang tinggi, gunakan display 17“. Jika Anda mampu, saya menganjurkan untuk meng- gunakan display 19“, karena lebih baik dan mempunyai resolusi yang sangat tinggi dan pada waktu-waktu yang akan datang monitor jenis ini akan meng- alami penurunan harga. Carilah display CRT Anda dengan dot-pitch yang kecil (0.28 dpi atau lebih kecil lagi), dot-pitch adalah indikasi ukuran dan spasi titik dot di CRT. Nilai yang kecil berarti mempunyai resolusi yang tinggi dan gambar yang lebih jernih.

Jika Anda mempunyai ruang meja yang sempit dan Anda mampu, Anda dapat menggunakan beberapa variasi dari panel flat-screen LCD yang sekarang telah banyak tersedia (Panel LCD 15” mempunyai ukuran tampilan yang sama dengan 17” CRT). Pada beberapa kasus, panel ini dapat Anda tancapkan pada port analog VGA biasa, akan tetapi pada model-model baru hanya dapat digunakan pada konektor DVI yang tersedia di video card model baru. Panel LCD ini merupakan pilihan tepat untuk Anda yang ingin meng- gunakan resolusi alamiah (1024x768), akan tetapi Anda perlu mengubah resolusi saat Anda melakukan preview pada desain web atau saat memainkan game, model CRT mempunyai tampilan yang lebih baik.

Video card dan monitor Anda harus mempunyai refresh rate yang kompatibel. Refresh rate yang kecil akan menghasilkan gambar yang solid, dan tidak berkedip pada tampilan 70 Hz-72 Hz (semakin tinggi akan semakin baik). Jika card video Anda yang baru dapat menampilkan warna 16 juta pada resolusi 1,024x768 dengan refresh rate 76 Hz, tetapi monitor Anda mem- punyai refresh rate maksimal pada 1,024x768 adalah 56 Hz, Anda tidak dapat menggunakan card video ini untuk diatur secara maksimal. Membuat konfi- gurasi adapter video mengirimkan sinyal ke monitor yang tidak didukung oleh monitor, pada beberapa proses konfigurasi software tertentu dapat menyebab- kan kerusakan secara fisik pada hardware sistem Anda. Pemaksaan monitor yang tidak sesuai dengan kemampuannya akan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. '

Adapter video pada saat ini telah distandarisasi pada interface accelerated graphic ports (AGP), meskipun pada sistem-sistem lama masih menggunakan video card PCI-base. Anda mungkin dapat menggunakan card video PCI untuk menambah adapter video cadangan pada sistem Anda apabila meng- gunakan monitor kedua. Windows 98, Me dan 2000 mendukung fitur ini, dan dapat digunakan untuk beberapa aplikasi. Dengan mengunakan sistem slot pada sistem Anda, Anda dapat juga menggunakan card dual-display pada slot AGP tersebut, meskipun performa 3D tidak sebaik pada akselerator 3D yang tersedia di pasar.

Jika Anda sering memainkan game, Anda harus menggunakan card video 3D dengan performa yang baik yang saat ini telah banyak tersedia. Game modem membutuhkan video dengan lebih intensif, dan pastikan meng- gunakan card yang dianjurkan oleh pabrik pembuat software game tersebut. Meskipun saat ini card 3D masih dikoneksikan pada card grafis 2D standar, tetapi desain ini telah semakin ketinggalan. Card 3D performa tinggi dan NVDLA dan ATI telah menyediakan grafis 2D yang cepat sekaligus performa 3D yang baik.

Jika Anda menambahkan card video ke sistem yang baru, card video harus Anda pasang pada slot AGP. Beberapa motherboard terbaru telah mendukung AGP 4x, AGP Pro, atau AGP 8x.

Jika Anda memasang card video AGP yang terbaru untuk meng-upgrade sistem, Anda dapat memindahkan card video tersebut dan ganti dengan card yang mendukung motherboard AGP standar. Anda dapat mengganti card video PCI dengan card video PCI yang lain apabila tidak ada slot card AGP, tetapi Anda dapat melakukan upgrade untuk mendapatkan slot AGP dengan card video yang lebih cepat.

Beberapa motherboard dengan video onboard masih mempunyai slot AGP, Anda dapat memasukkan card AGP ke slot tersebut. Pada kasus tertentu, video onboard akan otomatis tidak aktif. Jika motherboard hanya mempunyai slot PCL Anda mungkin harus meng-upgrade motherboard Anda untuk men- dapatkan slot AGP.

Jika Anda mengganti card video, pastikan Anda meneliti chipset pada card video tersebut. Jika Anda ingin mencari sistem yang mempunyai per- forma baik dan mendukung versi Windows yang terbaru, Anda sebaiknya menghindari chipset-chipset lama.

Share this


EmoticonEmoticon