Download Modul Materi Kursus Microsoft Office Word 2007

Berikut saya share modul materi Microsoft Word 2007 (MS Word 2007) . Modul ini berisi materi dasar tentang Microsoft Office Word 2007, termasuk pengenalan terhadap MS Office Word 2007 yang bisa anda download secara gratis. Berikut cuplikan isi dari modul ini:

BAB I MENGENAL MICROSOFT WORD 2007

Microsoft Word (MS Word) adalah program untuk mengolah kata. Program ini umumya digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya. MS Word banyak dipakai saat ini dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya, seperti WordStar, AmiPro, Word-Perfect dan lain-lain. Hal ini dikarenakan fasilitas yang disediakan, kemudahan dalam menggunakan, hasil yang diperoleh, tampilan yang menarik dan lain sebagainya.
Berikut adalah hal-hal terbaru yang ditawarkan MS Word 2007 :
   
1.1    Interface

Pada interface atau wajah MS Word terjadi perubahan yang signifikan menggantikan tampilan menu, toolbar dan sebagian besar task panes yang ada di versi-versi sebelumnya dengan tampilan lebih sederhana dan efisien.
Secara default tampilan area kerja program MS Word 2007 terdiri atas Title Bar, Office Button, Quick Access Toolbar, Menu Bar,  Ribbon,  Ruler,  Status Bar, dan View Toolbar. Tampilan area kerja dapat dilihat pada Gambar 1.1

Gambar 1.1 Tampilan area kerja MS Word

Dari gambar diatas dapat diuraikan sebagai berikut.
•    Title Barberisi nama file yang sedang dikerjakan, serta tombol menampilkan, atau menyembunyikan jendela program, dan menutup program, yaitu tombol Minimize, Maximize/Restore, dan Close.
•    Office Buttonberisi perintah-perintah yang berkaitan dengan dokumen seperti membuat dokumen baru (New), membuka dokumen (Open), menyimpan dokumen (Save), mencetak dokumen (Print), dan sebagainya.
•    Quick Access Toolbarberisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternative penggunaan perintah yang sering digunakan.
•    Menu Bar berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintahsesuai kategorinya. Sebagai contoh, pada menu Home terdapat submenuClipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing yang didalamnya berisiperintah-perintah sesuai kategorinya.
•    Ribbonberisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Menu Bar.
•    Rulermerupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal, yaitu diatas dokumen, dan secara vertikal, yaitu di sebelah kiri dokumen.
•    Status Baradalah baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumenyang sedang ditampilkan.
•    View Toolbarberisi pengaturan jenis tampilan dokumen, antara lain:
    Print Layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang akan diterima pada saat dicetak (default).
    Full Screen Reading: memberikan tampilan halaman penuh.
    Web Layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang ditampilkan di dalam jendela browser.
    Outline: memberikan tampilan sesuai heading di dalam dokumen dan tingkatan di dalam struktur dokumen.
    Draft: memberikan tampilan yang berkelanjutan (menggabungkan seluruh halaman seperti dalam satu gulungan).

Modul ini dibuat oleh pak Nugroho Yudo KB, S.Pd.
Anda bisa Download Modul Materi Kursus Microsoft Office Word 2007 secara gratis melalui link berikut:

Share this


EmoticonEmoticon