Processor / Prosesor Komputer


Pada beberapa kasus, motherboard Anda diterima dalam keadaan menjadi satu bersama dengan prosesornya. Beberapa vendor motherboard mempunyai kebiasaan memasang prosesor dan memberikan garansi board dan prosesor sebagai kesatuan. Tetapi tidak selalu demikian, terutama pada prosesor slot- type, karena akan lebih mudah prosesor tersebut dipisahkan dari motherboard nya saat dikirimkan. Beberapa pabrik menjual motherboard dan prosesor bersama sama, dan memberikan potongan harga saat Anda membeli keduanya. Pada kasus yang lain, Anda akan mendapat garansi CPU atau motherboard saja jika dirangkai dan diuji-coba oleh vendor. Meskipun demikian, Anda dapat membeli motherboard dan prosesor secara terpisah jika Anda menginginkan.

Motherboard yang akan Anda gunakan mempunyai soket atau slot prosesor seperti di bawah ini:
  1. Socket A. Mendukung prosesor Athlon dan Duron milik ANID.
  2. Socket 478. Mendukung generasi kedua prosesor Intel Pentium 4.
  3. Socket 603. Mendukung prosesor Intel Xeon (Pentium 4based) yang khusus digunakan dalam server. 
  4. Socket LGA 775. Mendukung generasi prosesor pentium terbaru dan dual core.
  5. Socket LGA 1366 dan rPGA 988A. mendukung generasi prosesor intel core.
Beberapa tipe slot dan soket di bawah ini dapat Anda beli, tetapi tidak mendukung model-model CPU sekarang dan akan mempunyai keterbatasan dalam melakukan upgrade prosesor pada waktu yang akan datang:
  1. Slot 1 (juga disebut SC242). Mendukung versi slot dari Intel Pentium III, Celeron, dan prosesor Pentium II.
  2. Slot 2 (juga disebut SC330). Mendukung prosesor Intel Pentium III Xeon dan Pentium II Xeon.
  3. Socket 7Guga disebut Super 7 jika lebih cepat dari 66 MHZ) Men dukung Intel Pentium; Pentium MMX; AMD KS, K6, K6-2, dan K63;
  4. Cyrix 6x86 dan 6x86MX; dan prosesor MII. Slot A. Mendukung prosesor original AMD Athlon Socket 370 (I uga disebut PGA370). Mendukung versi soket dari Intel Pentium III dan prosesor Celeron.
  5. Socket 423. Mendukung versi awal prosesor Intel Pentium 4.
Karena motherboard sangat terbatas dalam pilihan prosesornya, Anda sebaiknya memilih prosesor terlebih dahulu. Pada saat ini Anda dapat memilih prosesor yang setara antara AMD Athlon, Intel Pentium 4 dan dual core pada tingkat low end hingga   core i3, core i5 dan core i7 pada tingkat high end.

Ada beberapa jumper pada motherboard yang akan Anda rangkai, tergantung jenis dan tipe motherboard apa yang Anda pilih. Mungkin juga ter- dapatjumper yang digunakan untuk mengatur tegangan prosesor. Khusus pada board Socket 7 atau Super 7 mempunyai jumper yang digunakan untuk meng- atur kecepatan bus motherboard, CPU multiplier, dan CPU voltage setting. Jika Anda membeli board jenis ini, pastikan pengaturan setting tersebut telah diatur dengan benar; jika tidak dilakukan, sistem tidak dapat berjalan dengan baik. Sebagai contoh pada situasi yang terburuk, mungkin prosesor Anda akan rusak karena terlalu tinggi dalam mengatur tegangan.

Semua soket prosesor telah memberikan setting secara otomatis, sehingga kesalahan setting yang berbahaya dapat dihindarkan. Akan tetapi, beberapa board menghindari pengaturan otomatis, sebab hal ini dapat mempennudah melakukan overclock prosesor. Kebanyakan board menggunakan setup BIOS untuk mengatur hal tersebut, sehingga tidak lagi diperlukan jumper atau switch untuk mengatumya.

Share this


EmoticonEmoticon