Motherboard Komputer


Beberapa form factor compatible dengan beberapa motherboard. Form factor ini merujuk kepada dimensi dan ukuran fisik dari board dan tipe casing apa yang sesuai dengan ukuran board tersebut. Tipe-tipe dari form factor mother- board yang compatibie secara umum untuk pembangun sistem adalah sebagai berikut:

Form factor yang kuno

  1. BabyAT
  2. FullSize AT
  3. LPX

Form factor modem

  1. ATX
  2. MicroATX
  3. FlexATX
  4. NLX

Lainnya

  1. Desain khusus (Compaq, Dell Optiplex, Hewlett-Packard, notebook/ sistem portable dan lainlain. Dimensi yang digunakan oleh Dell dari tahun 1996 hingga 2000 menggunakan form factor ATX, tetapi mem punyai perbedaan pada pinoutpinout listn'knya.

Desain motherboard ATX ini lebih populer dan mempunyai desain motherboard terbaik saat ini untuk Anda yang ingin membangun sistem Anda sendiri. ATX adalah arsitektur yang terbuka yang memperbaiki desain Baby- AT yang telah kuno dalam berbagai hal pada komponen komputernya, seperti casing dan power supply-nya. Motherboard ATX mempunyai dimensi yang sama dengan Baby-AT, meskipun orientasinya diputar 900 dari casing asli BabyAT standar. Penempatan slot-slot ekspansinya sejajar dengan sisi pendek board, sehingga menyisakan ruang lebih untuk komponen lain tanpa ter pengaruh dengan board ekspansinya.

Komponenkomponen yang menghasilkan panas, seperti CPU dan memory, diletakkan dekat dengan power supply dengan tujuan untuk pen- dinginan yang lebih baik dan memudahkan akses ke soket prosesor dan memory. Fitur motherboard ATX dirancang sebagai port yang terintegrasi, tidak seperti pada motherboard BabyAT, semua port eksternal telah disatukan dengan motherboard dan diletakkan pada salah satu sisi dari slot ekspansi. Anda tentunya tidak akan merasa takut akan rusaknya konektor kabel seperti pada motherboard BabyAT yang meletakkan port-port mouse, serial, parallel, atau USB pada sisi bagian belakang sistem.

Style fitur dari power supply ATX telah mengalami desain ulang di mana konektor tombol tUnggal (berfungsi untuk mempermudah) diletakkan di sisi belakang. Penempatan konektor power supply di sisi belakang menggunakan pin ini sangat mudah digunakan pada desain BabyAT, akan tetapi hasilnya dapat berbahaya: Motherboard dapat rusak saat power dinyalakan. Hal ini tidak akan mungkin terjadi pada power konektor ATX yang telah dilapisi pelindung. Power supply menyediakan tegangan 3.3v yang dapat digunakan pada CPU-CPU baru dan komponen lainnya. Power supply ATX didesain untuk mendukung fitur Advanced power management yang saat ini telah digunakan pada sistem BIOS dan sistem operasi.

Form Factor Micro ATX adalah produk pengembangan terbaru dari desain ATX, yang digunakan pada sistem yang murah. Arsitektur dari micro ATX ini compatible dengan ATX dan pada motherboard yang mempunyai ukuran tisik kecil. Motherboard kecil ini dapat diinstal pada casing ATX standar atau pada casing yang lebih kecil yang didesain secara khusus untuk board micro-ATX.

Form factor lain yang digunakan motherboard saat ini adalah LPX dan NLX. Form factor ini membutuhkan casing yang lowprofile dan biasanya tidak direkomendasikan saat Anda membangun sistem Anda sendiri. Hal ini karena sejumlah variasi pada casing dan desain dari riser-card, akan membatasi ekspansi motherboard dan arsitektur casing, dan menyulitkan saat Anda bekerja pada ruang yang kecil. Beberapa motherboard LPX menggunakan card riser vertikal untuk menambahkan slot ekspansi pada slot yang sejajar dengan motherboard. Beberapa motherboard LPX menggunakan card riser vertikal yang telah digabungkan secara paralel pada motherboard, di mana yang lain menggunakan riser card T-Shape yang ditumpangkan pada slot ekspansi di atas motherboard.

Karena perbedaan antara sistem yang menggunakan motherboard LPX. upgrading motherboard pada sistem tersebut sangat sulit dilakukan. Form factor NLX adalah standar terbuka lain yang dikembangkan oleh Intel, dengan fitur yang sama dengan ATX seperti casing yang berbentuk Slimlinestyle dan pengaturan motherboardnya. Sistem yang berbasis NLX standar ini tidak mempunyai masalah seperti pada sistem LPXbase, selain masalah karena bentuk aslinya yang didesain LowProfile. Tipe form factor ini sangat populer digunakan di perusahaan dan pengguna baru, karena sistem ini mungil dan didesain secara lengkap di mana semuanya tersedia dalam sebuah motherboard saja. Bagaimanapun juga, penggantian motherboard NLX dengan mother board ATX atau microATX yang banyak di pasaran, sangat jarang dilakukan.

Share this


EmoticonEmoticon