Chipset Motherboard Komputer

Selain prosesor, terdapat komponen utama dalam sebuah motherboard yang disebut chipset. Biasanya terdapat satu hingga empat chip pada rangkaian utama sebuah motherboard. Chipset telah menggantikan 150 komponen ber

Chipset sebenarnya adalah motherboard yang sesungguhnya, chipset yang digunakan motherboard mempunyai efek yang sangat besar pada performa board. Chipset akan mengatur segala parameter performa dan limitasi- nya dalam sebuah board, seperti ukuran memory dan kecepatannya, tipe prosesor dan kecepatannya, bus-bus pendukung dan kecepatannya, dan lain- lain. Jika Anda merencanakan untuk menggunakan teknologi terkini seperti Accelerated Graphic Port (AGP) atau Universal Sen'al Bus (USB) ke dalam sistem Anda, Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah motherboard Anda telah mempunyai chipset yang mendukung fitur tersebut.

Karena chipset selalu diperbarui dan diperbaiki setiap waktu, maka saya tidak dapat menyebutkan semua daftar fungsi chipset. Beberapa chipset dengan performa tinggi saat ini telah tersedia di pasaran. Beberapa yang terbaik telah mendukung memori synchronous DRAM (SDRAM), double data rate SDRAM (DDR RAM), atau Rambus DRAM (RDRAM); PCI dan AGP 4 x atau bus kecepatan tinggi; Advanced Configuration and Power Interface (ACPI); dan mendukung Ultra-DMA ATA (IDE).

Pemilihan chipset harus berdasarkan keluasan prosesor dan komponen tambahan apa yang akan Anda instal di komputer Anda.
Bagaimanapun juga, tidak ada hal yang perlu dipermasalahkan saat Anda mencari chipset, tetapi direkomendasikan Anda mengikuti fitur-fitur di bawah ini:
beda yang dulu digunakan oleh sistem standar IBM AT dan memudahkan desainer motherboard untuk memfungsionalkan sistem menjadi beberapa bagian saja. Chipset ben'si sambungan pada seluruh motherboard kecuali prosesor dan memory pada keseluruhan sistem.
  • Mendukung kecepatan bus CPU 133 MHz atau lebih
  • Mendukung DDR SDRAM atau RDRAM (memory utama)
  • Mendukung Error Correcting Code (ECC) memory
  • Mempunyai fungsi penyimpanan energi Advanced Configuration andPower Interface (ACPI)
  • AGP 4x atau yang lebih cepat
  • Mempunyai interface dual Uitra-ATA/ 100 atau Serial ATA
  • Mendukung USB 2.0 (USB kecepatan tinggi)
Beberapa chipset yang lebih baik telah tersedia di pasaran dan harus mempunyai beberapa fitur tersebut atau bahkan lebih. Jika Anda ingin mem- bangun PC tangguh dan lengkap. Anda harus menyediakan prosesor yang mempunyai kecepatan seimbang. Pastikan bahwa Anda tidak membuang- buang investasi Anda pada prosesor dengan menggunakan chipset yang tidak dapat memanfaatkannya dengan penuh.

Saat Anda mendesain sistem Anda, berhati-hatilah tentang jenis dan jumlah ekspansi card yang ingin Anda instal. Kemudian, pastikan bahwa motherboard yang Anda pilih mempunyai jumlah slot dan tipe bus yang benar untuk beberapa peralatan Anda (ISA, PCI dan AGP). Karena board-board yang baru tidak mempunyai slot ISA, maka apabila Anda mempunyai board ISA, gantilah dengan board PCI yang lebih baru.

Saat Anda membeli motherboard, saya merekomendasikan Anda meng- hubungi pabrik chipset untuk memperoleh beberapa dokumentasi (biasanya disebut data book) untuk beberapa bagian chipset Anda. Hal ini akan men- jelaskan bagaimana memory dan cache controller-nya, serta peralatan yang lain dalam sistem tersebut bekerja. Dokumentasi ini juga akan menjelaskan beberapa fungsi setup lanjutan chipset tersebut dalam program setup System. Dengan informasi ini, Anda dapat menggunakan pengaturan konfigurasi motherboard Anda sesuai dengan fitur chipset tersebut. Karena model chipset biasanya selalu berubah-ubah, jangan menunggu terlalu lama untuk mendapat- kan dokumentasi chipset karena pabrik biasanya hanya menyediakan infor- masi untuk produksi saat itu saja.

Share this

First


EmoticonEmoticon