Komponen Sistem Pada Komputer

Pada saat ini untuk membangun sistem dari awal hingga akhir bukanlah hal yang sulit. Setiap komponen yang dibutuhkan untuk membangun sistem PC Anda telah tersedia dengan harga yang kompetitif. Dalam beberapa kasus, sistem yang Anda bangun dapat menggunakan komponen yang sama atau bahkan komponen yang lebih baik dari sistem yang telah mempunyai nama terkenal.



Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal yang perlu Anda catat adalah, Anda jarang menyisihkan anggaran yang lebih saat mem- bangun sistem Anda sendiri. Untuk membeli sistem yang lengkap dari toko terkadang hampir selalu lebih murah. Alasan dari hal tersebut adalah seder- hana: sebagian besar vendor sistem tersebut membangun sistem dalam pesanan yang banyak ketimbang sistem yang sedang Anda bangun, meskipun mereka menggunakan komponen yang sama dengan sistem yang Anda guna- kan. Perbedaan tersebut dikarenakan mereka membeli komponen secara borongan, sehingga mendapatkan potongan harga yang tinggi daripada Anda, yang hanya membeli beberapa bagian komponen saja.

Sebagai tambahan, Anda hanya akan membayar biaya pengiriman saja saat Anda membeli sistem yang lengkap. Lain halnya saat Anda membeli beberapa komponen secara terpisah, Anda harus membayar beberapa biaya pengiriman. Belum lagi biaya tambahan saat Anda melakukan pemesanan seluruh komponen yang Anda butuhkan tersebut hingga PC Anda terakit, mungkin dapat mencapai $100 atau lebih. Biaya ini akan bertambah saat Anda menemui masalah dengan komponen tersebut. Anda mungkin harus mengirimkan kembali komponen tersebut untuk diperbaiki. Beberapa pabrik terkadang memberi ganti ongkos pengiriman jika Anda membeli lagi barang lain yang mungkin tidak Anda butuhkan

Jika Anda membeli komponen tersebut di toko lokal, Anda terkadang harus membayar tambahan pajak, sehingga harga akan menjadi lebih tinggi.

Bagaimana dengan softwarenya? Meskipun terkadang kita mendapatkan harga tertentu untuk sistem komersial Saat Anda membangun sistem Anda dari awal, bundel software akan disertakan dengan sistem komersial. Upgrade copy dari Windows XP harganya $100 atau lebih, beberapa sistem komersial juga.

menyertakan Microsoft Office atau aplikasi lain. Beberapa sistem komersial berharga $250 - $500 atau lebih tergantung pada apa yang mereka sertakan.
Sekarang menjadi lebih jelas alasannya, mengapa saat Anda mem- bangun sistem Anda sendiri dari awal, Anda harus mempersiapkan dana lebih. Akan tetapi, keuntungan yang akan Anda dapat adalah tambahan pengalaman dari hasil yang Anda dapatkan. Akhirnya Anda akan dapat mempunyai sistem yang Anda susun sendiri dengan komponen dan fitur yang telah Anda pilih. Di lain waktu saat Anda akan memperbaiki sistem Anda kembali, Anda dapat lebih berpengalaman. Sebagai contoh saat Anda menginginkan adapter video, Anda akan dapat memiliki pengalaman untuk memilih model yang lain untuk motherboard Anda. Dengan merakit sistem Anda sendiri, Anda dapat memilih komponen yang tepat dan membentuk sistem yang tangguh sesuai keinginan Anda.

Pengalaman akan Anda dapatkan. Anda akan memahami dengan pasti bagaimana sistem Anda dibangun, demikian juga konfigurasinya. Hal ini akan sangat membantu di lain waktu saat Anda akan menambahkan dengan mudah beberapa asesoris tambahan.

Keutamaan lain saat Anda membangun sendiri sistem Anda adalah, sistem tersebut, akan mudah Anda upgrade.

Anda mungkin harus menyisihkan anggaran untuk menggunakan beberapa komponen terkini saat membangun sistem Anda yang baru. Anda mungkin dapat meng-upgrade hard drive dan optical drive dalam rangka untuk dapat memperpanjang usia sistem komputer Anda. Pada beberapa kasus, Anda dapat menggunakan beberapa komponen tersebut untuk sistem Anda yang baru. Sebagai contoh, jika Anda membeli hard drive kapasitas 120 GB dan drive DVD+RW untuk sistem Anda yang lama, Anda dapat memindahkannya ke sistem yang baru suatu saat nanti.

Ada berita baik bahwa monitor, keyboard, mouse, media simpan serta video card AGP dan semua card PCI-based, dan card tambahan dari sistem Anda yang lama, masih dapat digunakan pada sistem yang baru. Sedangkan berita buruknya adalah sistemsistem yang baru membutuhkan jenis memori yang berlainan dari sistem Anda yang lama, dan beberapa card AGP tidak dapat digunakan pada motherboard yang baru.

Jadi, jika Anda mempunyai keinginan untuk mengembangkan pengalaman Anda, dan ingin membangun sistem sendiri yang dapat di-upgrade dan berbeda dengan sistem yang ditawarkan oleh semua vendor, dan dapat menangani kerusakan sistem dan memecahkan permasalahannya sendiri, menghemat uang dengan cara menggunakan kembali komponen-komponen sistem Anda saat ini, dan Anda tidak dalam tergesa-gesa, rangkai dan bangunlah sistem Anda sendiri. Akan tetapi jika Anda lebih tertarik dengan PC mahal, dan menginginkan dukungan garansi reparasi dan masalah-masalah teknis lainnya, dan ingin cepat-cepat mengoperasikannya, membangun dan merakit sendiri sebaiknya dihindari.

Beberapa komponen yang digunakan untuk membangun PC adalah:
  1. Casing dan power supply
  2. Motherboard
  3. Processor dengan heatsink
  4. Memory
  5. Floppy Drive
  6. Hard disk drive
  7. Optical Drive (CD atau DVD)
  8. Keyboard dan Mouse
  9. Video Card dan display
  10. Sound Card dan speakers
  11. Modem atau LAN Card (Intemet/Akses email)
  12. Kipas pendingin dan heatsink
  13. Kabel
  14. Hardware lainnya (mur, baut, obeng dan bracket)
  15. Software Operating System (di CDROM)

Share this


EmoticonEmoticon