Casing dan Power Supply Komputer

Casing dan power supply terkadang dijual dalam satu kesatuan, meskipun beberapa penjual terkadang menjualnya secara terpisah. Banyak sekali desain yang ditawarkan untuk dapat dipilih, akan tetapi biasanya tergantung dari bentuk motherboard yang Anda gunakan, berapa jumlah drive yang tersedia, dan apakah model desktop atau model tower. Beberapa casing disertai dengan kipas pendingin tambahan (dianjurkan), penyaring udara untuk menghindari debu, sisi panel yang dapat dibuka, dan dudukan motherboard; casing tersebut biasanya tidak membutuhkan peralatan tambahan untuk merangkainya, versi rack-mounted, dan lainlain. Pada sistem yang akan Anda susun sendiri, model casing ATX mid-tower dan power supply adalah pilihan yang dianjurkan. Casing yang didesain untuk moteherboard lama Baby-AT terkadang masih tersedia, akan tetapi arsitektur dari ATX telah menawarkan beberapa perbaikan yang patut Anda pertimbangkan. Ukuran dan bentuk casing, power supply dan pelengkap motherboard disebut form factor. Beberapa form factor casing yang sangat populer adalah:
  1. Full-Tower
  2. Mini-Tower
  3. Desktop
  4. Low-Profile (disebut juga Slimline)
Casing yang menggunakan board ATX biasanya menggunakan form factor fulltower, mini-tower dan desktop. Saat Anda memutuskan tipe apa yang akan Anda gunakan, Anda harus mempertimbangkan tempat di mana Anda akan menempatkan komputer Anda. Apakah di atas meja? Atau akan ditempatkan di atas lantai, sehingga hanya monitor, keyboard dan mouse saja yang di atas meja? Besar tempat yang tersedia untuk komputer Anda akan mempengaruhi keputusan Anda dalam membeli, seperti berapa panjang monitor, keyboard dan kabel mouse. Dari daftar yang telah disampaikan, dianjurkan Anda menghindari sistem low-profile. Sistem ini didesain pada lingkungan bisnis yang membutuhkan sistem Slimline, yang berarti sistem ini dirancang untuk tempat yang sempit daripada komputer desktop biasa dan tidak didesain untuk dikembangkan lebih lanjut. Casing ini membutuhkan tipe-tipe motherboard yang khusus yang disebut Low Profile atau board LPX. Versi lowprofile dari form factor ATX disebut NLX. Motherboard LPX dan NLX selalu disertai dengan perangkat perangkat built in, seperti video, sound dan adapterjaringan. Motherboard LPX dan NLX tidak mempunyai slotslot adapter yang normal. Malahan, semua slot expansion digabungkan dalam sebuah board yang disebut raiser card, yang dipasangkan pada slot khusus di motherboard tersebut. Card Adapter PCI atau ISA standard ditancapkan miring pada n'ser card (sejajar dengan motherboard), sehingga menyulitkan dan membatasi expansi. Beberapa desain memaksa Anda untuk membuang beberapa komponen untuk mendapatkan kepentingan yang lain, sehingga perawatan sistem menjadi lebih susah.

Beberapa casing baru dapat menerima board ATX-style, yang mem punyai standar untuk sistem berdasarkan Athlon dan Pentium III/4. Jika Anda menginginkan tipe casing dan power supply yang fleksibel dengan model yang luas untuk Anda upgrade nantinya. dianjurkan Anda menggunakan casing ATXstyle dan power supplynya.

Dalam memilih casing apakah Anda akan memilih bentuk desktop atau tower, sangat tergantung pada pilihan Anda dan lokasi sistemnya. Beberapa orang merasa bahwa sistem tower lebih longgar dan memudahkan pekerja- annya, dan ukuran tower ini akan menyediakan lubang tempat drive penyimpanan Anda lebih dari cukup. Casing tower ini akan mencukupi, karena tersedianya lubang floppy drives, tempat drive hard disk yang banyak, CD-ROM drives, tape drive, dan semuanya yang ingin Anda instal. Bagai manapun juga, casing desktop juga mempunyai ruang-ruang yang hampir sama dengan bentuk tower, khususnya bentuk model mini atau mid-tower. Pada kenyataannya, casing tower dapat juga digunakan sebagai desktop dengan cara merebahkannya atau kebalikannya. Beberapa casing juga dapat dikonversikan orientasinya dari bentuk desktop atau bentuk tower.

Saat Anda akan memilih power supply, hal penting untuk Anda per- timbangkan adalah berapa jumlah peralatan Anda yang akan dipasang dalam sistem Anda serta berapa kekuatan yang dibutuhkan.

Saat Anda membangun sistem Anda sediri, Anda harus selalu berpegang pada prinsip sistem yang dapat diupgrade. Desain yang tepat pada PC Anda akan memperpanjang penggunaannya dibandingkan dengan model yang tidak Anda kenali, karena Anda akan lebih mudah menambahkan atau mengganti komponen-komponen baru. Saat Anda memilih casing dan power supply, sisakan beberapa ruang untuk ekspansi, dengan asumsi bahwa Anda suatu saat akan memerlukan hard drive lain atau Anda akan akan menambahkan peralatan baru saat Anda beli di toko. Untuk lebih spesifik, pastikan kurang lebih dua buah ruang kosong drive Anda untuk drive internal dan memilih power supply yang lebih besar daripada peralatan aslinya.

Share this


EmoticonEmoticon