Cache Memory CPU Komputer

CPU cache adalah cache yg digunakan oleh unit pemroses Sentral (CPU) komputer untuk mengurangi waktu rata-rata untuk mengakses data dari memori utama. Cache adalah memori yang lebih kecil, lebih cepat untuk menyimpan salinan data dari lokasi memori utama yang sering digunakan. Kebanyakan CPU memiliki cache independen yang berbeda, termasuk instruksi dan data cache, dimana data cache biasanya diatur sebagai hirarki tingkat cache lebih (L1, L2, dll.).

Ketika prosesor perlu membaca atau menulis ke lokasi dalam memori utama, ia pertama kali memeriksa apakah salinan data dalam cache. Jika demikian, prosesor segera membaca dari atau menulis ke cache, yang jauh lebih cepat daripada membaca dari atau menulis untuk memori utama.

CPU desktop dan server modern memiliki setidaknya tiga independen cache: cache instruksi untuk mempercepat eksekusi perintah fetch, cache data untuk mempercepat data fetch dan penyimpanan, dan  translation lookaside buffer (TLB) digunakan untuk mempercepat terjemahan alamat fisik ke virtual untuk instruksi executable dan data. Data cache biasanya diatur sebagai hirarki tingkat cache lebih (L1, L2, dll). Namun, TLB cache adalah bagian dari unit manajemen memori (MMU) dan tidak terkait langsung dengan cache CPU.

Share this


EmoticonEmoticon